Mengenal Bunga Petunia


Pada artikel ini kita akan ulas mengenai langkah menjaga bunga petunia. Bila Anda mempunyai tanaman petunia di dalam rumah atau ingin menanam petunia dari biji, artikel ini harus Anda baca. Nama dari tanaman ini sebenarnya datang dari nama genus yang dipunyainya, yaitu Petunia. Tanaman petunia ialah tanaman dengan famili Solanodeae, yang beranggotakan tanaman seperti tembakau, kentang, tomat, dan cabe (lombok).

Di samping mempunyai bunga yang indah, tanaman petunia dikenal juga dengan ketahanannya akan iklim serta cuaca yang panas, khususnya untuk tanaman menggantung yang indah serta aduhai. Tetapi, tahukah Anda langkah menjaga bunga petunia? Supaya bertambah lebih jelas, jangan terlewat beberapa langkah yang dituliskan berikut ini. Kami beri beberapa faktor dalam menanam petunia agar membuahkan tanaman yang sehat serta bunga yang indah.

Penyiraman
Untuk membuahkan tanaman Petunia yang sehat dengan bunga yang bagus, diperlukan pengairan atau penyiraman yang dilaksanakan dengan cara teratur. Penyiraman ini dilaksanakan berdasar situasi cuaca ketika mau lakukan penyiramam.
Bila cuaca cerah serta udara sedang sejuk, karena itu penyiraman dilaksanakan 2 (dua) kali dalam satu minggu, dengan selang waktu 3 -4 hari. Tetapi, bila cuaca waktu penyiraman sedang panas, penyiraman bisa dilaksanakan dengan cara teratur tiap hari.

, bila Anda merasakan jika cuaca betul-betul panas, karena itu penyiraman dilaksanakan dengan cara teratur saat media tanah dari bunga petunia Anda mulai kering. Penyiraman dilaksanakan sampai air merembes lewat media tanam. Untuk mempermudah Anda dalam mengatur waktu penyiraman, pas saat media tanam bunga petunia Anda mulai kering, selekasnya kerjakan penyiraman kembali lagi.

Yang harus diingat ialah, jangan sampai menyirami Petunia sampai terserang sisi daunnya. Siramlah di bagian media tanam petunia punya Anda. Ini harus jadi perhatian sebab bila daun dalam terserang air, karena itu ini bisa menyebabkan infeksi pada tanaman Petunia Anda, misalnya ialah bintik-bintik yang ada pada mahkota bunga. Sebab perihal ini pula, Anda diharuskan untuk mengalihkan tanaman petunia punya Anda saat sedang hujan.

Intensif Pencahayaan Matahari
Intensif sinar matahari yang cukup membuat petunia berbunga lebat.
Petunia punya Anda akan mempunyai bunga bermekaran bila dikasih pencahayaan matahari yang lumayan banyak. Sedapat mungkin, letakkan bunga petunia Anda pada tempat yang mempunyai pencahayaan matahari dengan intensif yang besar.
Meskipun bunga ini bisa tumbuh pada tempat dengan intensif yang kecil, semakin lebih baik bila diletakkan pada tempat yang mempunyai intensif besar, sebab ini akan punya pengaruh pada kualitas bunga.

Petunia akan membuahkan bunga yang bermekaran serta cantik bila memperoleh pencahayaan dengan intensif besar. Hal sebaliknya berlaku. Pencahayaan yang kurang akan mengakibatkan bunga yang mekar tidak optimal ukurannya dan banyaknya semakin lebih sedikit.

Pemupukan
Pemupukan bunga Petunia dilaksanakan satu bulan sekali. Pupuk yang dipakai ialah tipe pupuk konsentrat yang bisa dicampurkan dengan air. Pupuk yang dipakai ada beberapa jenis, tapi ada beberapa macam brand pupuk yang direferensikan.
Pupuk seperti Rustica Yellow (15-15-15), Nitrofoska (17-17-22), atau Dekastar (28-8-4), benar-benar dianjurkan untuk pilihan pupuk petunia punya Anda. Anda bisa saja memakai pupuk yang tidak disebut, tapi tetap ingat jika pupuk yang Anda pakai mempunyai beberapa angka perbandingan (yang ada dalam sinyal kurung).

Intensif pemupukan dilaksanakan sekali dalam satu bulan. Bila Anda menanam petunia dengan bunga majemuk (banyak), karena itu pemupukan dilaksanakan semasa dua minggu sekali. Pupuk diencerkan dengan perbandingan pupuk : air yaitu 1 : 10.

Upayakan jangan memakai angka perbandingan air yang begitu sedikit, sebab nanti ini akan membuat tanaman petunia punya Anda jadi kerdil, kualitas bunganya serta tanamannya buruk, atau serta mati.
Bila ada butiran-butiran berwarna putih di media tanam beberapa saat sesudah Anda lakukan penyiraman, karena itu selekasnya siram media tanam dengan air sampai butiran-butiran itu hilang. Butiran-butiran di media tanam yang Anda melihat itu ialah beberapa unsur garam yang datang dari pupuk yang kebanyakan, hingga tidak larut prima dengan air untuk penyiraman. Bila didiamkan serta tentang tanaman Petunia, karena itu tanaman akan kering sebab garam yang tidak larut malah menghisap air yang dikandung oleh tanaman petunia punya Anda.

Pemotongan Mudah pada Tangkai
Pemotongan mudah pada tangkai ini dilaksanakan pas saat Anda sudah menanam bunga petunia di media tanam. Triknya, potong tiap ujung tangkai sekitar 2 – 3 cm. Arti dari pemotongan ini yaitu merangsang perkembangan cabang tangkai, hingga nanti akan terdapat beberapa cabang tangkai yang tumbuh. Akhirnya, sebab ada beberapa cabang tangkai, karena itu Anda akan memperoleh banyak bunga yang tumbuh.

Bila Anda merasakan jika petunia punya Anda tidak berkembang atau kerdil, karena itu Anda sebaiknya memangkas setengah dari tangkai atas petunia Anda. Tetapi, pemotongan ini tidak langsung mewajibkan Anda untuk memangkas pas setengah dari tangkai. Bila dedaunan tumbuh lebat di bagian atas, karena itu potong kurang dari 1/2. Tapi bila dedaunan tumbuh lebat di bagian tengah atau bawah tangkai, karena itu potong 1/2 batangnya.
Arah dari pemotongan tangkai semacam ini ialah merangsang perkembangan hingga tangkai yang baru serta lebih sehat.

Pemotongan pada Bunga
Rangsang tanaman petunia Anda untuk berbunga semakin banyak dengan mencubit (buang) beberapa bunga pertama sebelum mekar. Rangsang tanaman petunia Anda untuk berbunga semakin banyak dengan mencubit (buang) beberapa bunga pertama sebelum mekar. Pemotongan bunga petunia termasuk gampang untuk dilaksanakan. Ini bisa dilaksanakan dengan memangkas bunga yang layu atau mati. Yang harus diingat ialah, selekasnya kerjakan pemotongan pada bunga yang telah layu.

Jangan menanti sampai bunga petunia punya Anda mati atau membusuk, sebab ini akan mengundang beberapa penyakit pada tanaman. Arah dari pemotongan bunga semacam ini ialah jaga supaya bunga lain tumbuh supaya masih sehat serta perpanjang waktu bunga petunia supaya masih membuahkan bunga.
Supaya semakin gampang, saat bunga telah mulai lebat, potong beberapa bunga pada petunia punya Anda supaya masih bisa membuahkan bunga. Potong bunga dengan cara periodik, tapi jangan memotong sampai petunia Anda tidak mempunyai bunga.

Yang harus diingat, saat memotong bunga, potong saja bunganya, janganlah sampai daun yang ada dekat sama bunga turut dipotong.
Salah satunya tehnik yang memancing petunia berbunga banyak serta nampak sangatlah baik dengan buang beberapa kuncup bunga petunia pertama yang tumbuh sebelum mereka mekar, dengan dicubit. Ini akan membuat tanaman petunia membuahkan bunga yang semakin banyak serta nampak semakin indah.

Pengaturan Hama
Mengatur hama supaya tidak menghancurkan petunia Anda ialah hal yang perlu dilaksanakan dengan perhatian spesial. Tiap minggunya, periksalah beberapa bagian bunga Petunia Anda dengan cermat.
Bila Anda merasakan beberapa hama serangga melekat pada daun, karena itu semprot daun petunia. Pakai arus air seadanya saja, janganlah sampai menghancurkan daun. Sama seperti yang telah diuraikan pada point penyiraman, daun pada kondisi yang basah akan mengundang infeksi pada Petunia Anda.
Tapi ini bisa diakali dengan lakukan penyemprotan pada cuaca panas.
Maksudnya, supaya serangga tidak menebarkan penyakit pada tanaman petunia Anda. Bila sebagai hama ialah siput, karena itu Anda daat memakai langkah pengaturan hama yang dipakai di Eropa, yaitu memakai lempeng tembaga atau kawat tembaga.

Langkah pengaplikasiannya dengan menyelimuti sisi tanaman yang dapat dilewati siput, seperti di bagian bawah tangkai yang dekat sama media tanam. Dengan cara ilmiah, pengaturan hama siput dengan langkah ini benar-benar bermanfaat sebab siput akan tersengat saluran listrik karena reaksi kimia di antara lendir siput serta tembaga.

Demikian langkah menjaga bunga petunia supaya tetap sehat cantik. Tetap ingat jika tanaman yang baik memerlukan perawatan yang baik. Mudah-mudahan berguna serta mudah-mudahan bunga petunia Anda tumbuh dengan subur.

Postingan populer dari blog ini

Cost-effect modifications

Mengenal Bunga Kembang Sepatu

6 Tanaman Hias Ini Bantu Hilangkan Racun dari Dalam Rumah